Demulih Bersih, Sehat, Sejahtera, Mandiri

Artikel

Jamu Bali Usada

25 Januari 2018 08:14:48 Kadek Galiarta Produk Desa

          Jamu Bali Usada (JBU) merupakan usaha jamu ramuan tradisional bali tanpa bahan pengawet yang didirikan oleh I Wayan Widana pada Tahun 2013 di Banjar Demulih, Desa Demulih, Susut, Bangli. Pada tahun 2014 JBU memperoleh izin P-IRT dengan nomer 5215106210037,20. 

         JBU dibuat dengan menggunakan 27 bahan rempah berbeda, antara lain ; Daun Sirih, Daun Piduh (Pegangan), Akar Alang-alang, Kumis Kucing, Kunyit, Temulawak , dll. Bahan-bahan ini yang dipadukan secara tepat sehingga menghasilkan produk jamu yang berkualitas. Adapun keunggulan dari produk JBU yaitu :

  1. Ramuan Tradisional tanpa bahan pengawet (bertahan selama 8 bulan)
  2. Aman dikonsumsi oleh semua orang.
  3. Tanpa efek samping.
  4. Teruji secara klinis.

         Jamu Bali Usada terdiri dari tiga produk yaitu:

  1. Jamu Bali Usada Gula Batu
  2. Jamu Bali Usada Gula Pasir
  3. Boreh Bali Usada.

         Produk Jamu Bali Usada ini dibuat dengan semi modern, dimana pengolahannya memakan waktu selama kurang lebih 5 jam. Proses pembuatan JBU ini diawali dengan memilih bahan baku sehingga hanya bahan baku yang berkualitas baik saja yang digunakan. Setelah bahan baku dipilih, selanjutnya ditimbang sesuai dengan komposisinya masing-masing. Bahan baku yang sudah ditimbang kemudian dicuci dengan air bersih dan dicincang dengan cara tradisional.

         Bahan baku yang sudah dicingcang, dimasukkan kedalam blender kaca. Blender kaca dipilih untuk mengurangi pencemaran dan juga menghindari adanya kontaminasi karat dari mesin giling biasa. Bahan yang sudah diblender menghasilkan cairan yang merupakan sari pati dari kombinasi bahan-bahan pilihan , yang selanjutnya  akan direbus selama kurang lebih 2,5 jam yang mana dicampur dengan gula sesuai komposisi.  Disinilah tantangan dalam produksi JBU ini. "Proses pengadukan dan perebusan yang diikuti dengan memasukkan cairan ini kedalam mesin yang mengubahnya menjadi serbuk merupakan proses yang paling riskan dalam produksi JBU ini dimana saya pernah gagal 42 kali sebelum berhasil menemukan waktu dan komposisi yang sesuai untuk pembuatan JBU ini",jelas I Wayan Widana.

          Bagi anda yang berminat dengan JBU ini, bisa datang langsung ke workshop nya yang berlokasi di Banjar Demulih, Desa Demulih, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli atau menghubungi pemiliknya di :

Telephone     : 082 342 536 448 atau 081 284 834 891

Email                : usadajamubali@gmail.com

 

 

admin
01 Oktober 2019 08:02:21
untuk melakukan pembelian produk Jamu Bali Usada bisa menghubungi contact person dibawah ini: Nama : Ni Nengah Poniti No Hp : 082 342 142 212
Budiman
30 September 2019 11:18:51
Dimana bisa beli produk jamu Bali usada?

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Facebook Desa

Info Media Sosial

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
2,362 Jiwa 
PEREMPUAN
2,470 Jiwa 

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung