Demulih Bersih, Sehat, Sejahtera, Mandiri

Artikel

Pelatihan Pos Pembinaan Terpadu Desa Demulih

24 November 2020 09:05:00  Kadek Galiarta  31 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di Kantor Desa Demulih, Hari ini Selasa 21 November 2020 dilaksanakan Pelatihan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) bagi kader Posbindu Desa Demulih. Kegiatan pelatihan ini mengambil tema mengenai pengertian POSBINDU PTM, pengertian Penyakit menular dan kebijakan PPTM Hadir sebagai narasumber yaitu Bidan Desa, I Gusti Ayu Mirah Ariani, Staff dari Puskesmas Susut II , Ni Made Darmasari,Amd.keb , serta Perbekel Desa Demulih, I Nyoman Wijana,S.E.

Posbindu, saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah (Kemenkes) untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan. Sebagaimana kita ketahui, berbagai data dan penelitian, menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya), sudah melampaui tinkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.

Prbedaan Posbindu dan Posyandu terutama pada sasaran. Pada Posyandu mencakup bayi, balita, Ibu hamil, ibu menyusui , ibu nifas, serta Wanita usia subur. Sedankan sasaran usia Posbindu Kelompok Masyarakat Sehat, Berisiko dan Penyandang PTM atau orang dewasa yang berumur 15 tahun keatas.

Posyandu sebetulnya dapat dimanfaatkan sebagai wadah atau tempat Posbindu. Selain juga dapat memanfaatkan lembaga yang sudah ada, seperti posyandu lansia. Pos UKK, atau membentuk tempat dan lembaga khusus lainnya sesuai kesepakatan masyarakat, karena Posbindu merupakan salah satu bentuk UKBM (sebagaimana halnya Posyandu).

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Facebook Desa

Info Media Sosial

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:53
    Kemarin:462
    Total Pengunjung:500.942
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.108.182
    Browser:Tidak ditemukan